Berita


MULTI MODA DALAM BERDIFERENSIASI

Multimoda dalam Berdiferensiasi
 
Dedeh Septy Kurniasih
 
SMPN 3 Cikembar, Sukabumi, Jawa Barat
 
Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka, pembelajaran berdiferensiasi mulai dibangkitkan kembali untuk membantu para guru mengakomodasi kebutuhan para siswa sesuai dengan kesiapan belajar, profil, dan minatnya. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan satu cara untuk guru memenuhi kebutuhan setiap peserta didik karena pembelajaran berdiferensiasi adalah proses belajar mengajar saat peserta didik dapat mempelajari materi pelajaran sesuai dengan kemampuannya dan kebutuhannya masing-masing sehingga mereka tidak frustasi dan merasa gagal dalam pengalaman belajarnya (Tomlinson, 2017). Salah satu ciri penting dari pembelajaran berdiferensiasi yaitu adanya pemanfaatan multimoda sebagai sumber belajar.
 
Multimoda merupakan media yang dekat dengan kehidupan siswa saat
 
ini. Multimoda dalam pembelajaran sangat efektif digunakan untuk mengembangkan pengetahuan dan aktivitas siswa serta memfasilitasi keragaman bakat dan minat siswa. Multimoda tidak hanya tentang pemanfaatan teknologi, tetapi lebih sederhana lagi yaitu pemanfaatan segala hal yang bermakna bagi siswa, bisa berupa teks yang disajikan melalui perpaduan mode antara teks tulis, visual (gambar statis), lisan (audio), dan video (gambar bergerak).
 
Multimoda menggabungkan lima mode komunikasi yaitu visual, aural, linguistic, spatial dan gestural. Mode visual bisa diperoleh dari warna,tata letak, gaya tampilan, ukuran, perspektif (angle). Mode aural diperoleh dari musik, efek suara, nada, volume suara. Mode linguistic diperoleh dari pilihan kata, gaya penyampaian, organisasi frasa, kalimat, paragraf, dan koherensi. Mode spatial meliputi pengaturan tata letak ruang, organisasi barang, kedekatan (proximity) manusia dan benda. Mode gestural meliputi ekspresi wajah, gestur tangan, bahasa tubuh, interaksi antarmanusia.
Dengan multimoda, pembelajaran akan lebih efektif karena melibatkan beragam jenis teks yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh siswa sesuai dengan gaya belajar dan minat siswa.
 
Dalam mengakomodasi gaya belajar siswa yang terdiri dari audio, visual, dan gerak, multimoda dapat meningkatkan perhatian dan kemampuan siswa dalam mengingat materi pembelajaran karena siswa difasilitasi untuk mengalami dan memanfaatkan langsung dalam penggunaan beragam moda teks yang dekat dengan kehidupan mereka bahkan dengan bagian dari diri mereka sendiri.
 
Manfaat pembelajaran literasi multimodal, yakni: pertama. pembelajaran lebih efisien karena peserta didik dikenalkan dengan teks multimodal (visual, audio, dan teknologi) sehingga pembelajaran lebih mengarah pada pemanfaatan teks secara menyeluruh. Kedua, dapat meningkatkan kapabilitas peserta didik yang memiliki preferensi ganda karena pembelajaran literasi multimodal merupakan kombinasi antara visual, audio dan gerak. Ketiga, strategi pembelajaran literasi multimodal termasuk strategi pembelajaran untuk belajar lebih cepat dan pada tingkat yang lebih tinggi dalam mengingat di kemudian hari. Keempat, strategi pembelajaran literasi multimodal dapat meningkatkan perhatian para peserta didik dalam pembelajaran, Kelima, membiasakan peserta didik dengan berbagai gaya belajar sehingga peningkatan kemampuan lebih efektif (Firmansyah: 2018).
 
Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan multimoda dalam pembelajaran diferensiasi sangat efektif dalam memenuhi kebutuhan belajar siswa sesuai minat dan gaya belajarnya. Multimoda bisa dimaknai dengan sederhana namun sangat bermanfaat sebagai segala hal yang memiliki makna bagi siswa dalam membantu proses belajar, bukan hanya berhubungan dengan teknologi, tetapi bisa mencakup tampilan, suara, ekspresi bahkan bahasa tubuh baik siswa maupun guru Guru perlu meningkatkan pemanfaatan multimoda sebagai sumber belajar yang variatif bagi siswanya sehingga motivasi belajar siswa pun meningkat.
 
Daftar Pustaka
 
Firmansyah, M. B. (2018). Kompetensi Literasi multimodal peserta didik: Studi Pustaka Terhadap Teks multimodal Bermuatan Kearifan Lokal Serta Implementasinya Dalam Pembelajaran.
 
Morries, Gayle. Supporting Multimodal Literacy. LSA Sweetland Centre for Writing. University of Michigan. https://lsa.umich.edu/sweetland/instructors/guides-to-teaching-w riting/supporting-multimodal-literacy.html
 
Tomlinson, Carol A. 2017. How to differentiate instruction in academically diverse classrooms. 3rd Edition. Alexandria. Virginia: ASCD.
 
 

e-Rapor SMP 2025

DAPODIK 2025

Berita Terbaru

HARI GURU NASIONAL

Hari pahlawan

Hari pahlawan

APA ITU CBT ?

APA ITU CBT ?

Kontak

Alamat :

Jl. Bhakti IX. No.1 Cilincing Jakarta Utara

Telepon :

021 – 4402004

Email :

smp143jakarta@gmail.com

Website :

https://www.smpn143jakarta.sch.id

Media Sosial :

PENGUMUMAN KELULUSAN

SPMB 2025